Jumat, 17 Februari 2012

Pakain Adat Toraja

pakaian adat dan tarian - Baju adat Toraja disebut Baju Pokko' untuk wanita dan seppa tallung buku untuk laki-laki. Baju Pokko' berupa baju dengan lengan yang pendek. Sedangkan seppa tallung buku berupa celana yang panjangnya sampai dilutut.
Pakaian ini masih dilengkapi dengan asesoris lain, seperti kandaure, lipa', gayang dan sebagainya.





Pakaian adat Toraja yang telah dimodifikasi dan dikenakan oleh Johanica Yanuar, duta Indonesia dalam ajang Manhunt International 2011 yang digelar di Korea Selatan),  menarik perhatian penonton yang berasaldari 48 negara
“Banyak pujian yang disampaikan melalui bebeberapa media termasuk website tentang national costume yang digunakan oleh peserta dari Indonesia,
Kontes pria berbakat tingkat dunia, Manhunt International 2011, digelar di Seoul, Korea Selatan, pada 28 September – 10 Oktober 2011 dan malam final digelar pada Senin malam di salah satu kawasan elit Seoul.
Hasil survei sebuah komunitas kontes kecantikan dalam lamannya www.indopageants.com pada Minggu malam  memprediksikan busana nasional yang dikenakan duta Indonesia akan menjadi The Best National Costume.
“Kami berharap busana Toraja ini akan menjadi yang terbaik di ajang ini, setelah beberapa tahun berturut-turut national costume duta Indonesia selalu menduduki first runner up,” katanya.
yang berpostur tinggi 182 cm itu mengenakan busana rancangan yang bertemakan Mystical Toraja
Busana tersebut merupakan modifikasi pakaian adat Toraja seppa tallung buku yang dilengkapi dengan sayap dan tanduk mengesankan kebesaran dan keagungan salah satu kebudayaan Indonesia.
Widi menambahkan, pemilihan busana yang terinspirasi dari budaya Toraja itu juga sekaligus diharapkan mampu menarik perhatian dunia tentang keaneragamanan budaya Indonesia sehingga mereka tertarik untuk datang dan melancong ke Tanah Air. “Beberapa kali tim dari negara-negara lain juga memuji national
Sementara itu, Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata  mengapresiasi dan mendukung upaya positif promosi pariwisata melalui ajang Manhunt International.
diharapkan mampu menyampaikan pesan dan memperkenalkan Indonesia khususnya dari sisi keanekaragaman budaya dan kekayaan alamnya yang “wonderful” ke masyarakat dunia secara luas.
“Apalagi peserta Indonesia juga menampilkan salah satu kekayaan budaya Indonesia yang wonderful itu khususnya dari Toraja, Sulsel,” katanya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar